Diskriminasi kata Sara oleh Pandi.or.id

Diskriminasi kata Sara oleh Pandi.or.id

  19 Aug 2014  

Diskriminasi kata Sara oleh Pandi. Belum mengertinya maksud arti SARA itu sendiri secara harafiah oleh pengelola domain Indonesia yaitu pandi.or.id membuat saya geli. SARA adalah singkatan dari Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan. Namun domain yang sebenarnya dibatasi itu adalah cuma berbau agama ? Tanya kenapa ?

sara

 

Sumber: http://www.pandi.or.id/domaindibatasi.html

Ini SARA yang saya maksud pada tulisan disini. Apakah arti SARA itu penghinaan thd SARA atau perihal berbau SARA atau memang ilmu bahasa Indonesia rekan di Pandi yang menggunakan kata SARA kurang atau tidak tamat SD ? Ndak ngerti juga saya. Bagaimana perihal details bahwa ini SARA dan itu bukan SARA tidak dijelaskan pada website tersebut. Pandi merupakan organisasi nasional yang ditokohi oleh orang-orang pilihan tingkat nasional. Tapi tidak dicermati atau di filter ? Atau suka-suka gue, karena gue kerja di Pandi bagian penamaan dan database ? Heran!

Dan beberapa hal lainnya tentang informasi geografis, bagaimana dengan orang Indonesia yang ingin memperkenalkan pulau, kota atau provinsi mereka secara umum untuk menarik wisatawan domestik ataupun manca negara ? Ya udah gitu-gitu aja kotamu cuk, gak usah macem-macem! Peduli amat!

Sara adalah berbagai pandangan & tindakan yang didasarkan pada sentimen identitas yang menyangkut keturunan, agama, kebangsaan atau kesukuan dan golongan. Setiap tindakan yang melibatkan kekerasan, diskriminasi dan pelecehan yang didasarkan pada identitas diri dan golongan dapat dikatakan sebagai tidakan Sara. Tindakan ini mengebiri dan melecehkan kemerdekaan dan segala hak-hak dasar yang melekat pada manusia.

Kategori SARA:

1.Individual : merupakan tindakan Sara yang dilakukan oleh individu maupun kelompok. Termasuk di dalam katagori ini adalah tindakan maupun pernyataan yang bersifat menyerang, mengintimidasi, melecehkan dan menghina identitas diri maupun golongan.

2. Institusional : merupakan tindakan Sara yang dilakukan oleh suatu institusi, termasuk negara, baik secara langsung maupun tidak langsung, sengaja atau tidak sengaja telah membuat peraturan diskriminatif dalam struktur organisasi maupun kebijakannya.

3. Kultural : merupakan penyebaran mitos, tradisi dan ide-ide diskriminatif melalui struktur budaya masyarakat.

Anti Sara adalah suatu tindakan sistimatis untuk memerangi masalah Sara dalam segala macam bentuknya, termasuk sistim dan kebijakan diskriminatif serta sentimen-sentimen Sara yang telah ditanamkan secara tidak sadar sejak usia kanak-kanak.

Oleh karena persoalan Sara sering melibatkan persoalan kekuatan ekonomi dan politik, dimana suatu kelompok berhasil menguasai kekuatan ekonomi atau politik dan tidak bersedia mendistribusikannya kepada kelompok lainnya, maka gerakan moral Anti Sara juga berupaya untuk mengikis ketimpangan-ketimpangan tersebut dan mengkoreksi sistim yang mengakomodir ketidakadilan sosial ini.

Dalam implementasinya gerakan moral Anti Sara aktif menggalang partisipasi masyarakat untuk bersama-sama memerangi Sara. Penyakit sosial yang telah berusia berabad-abad ini akan terus meraja-lela jika kita tidak menghentikannya sekarang juga. Boleh jadi penyebab timbulnya penyakit kronis ini bukan karena kesalahan kita, namun penyembuhannya merupakan tanggung jawab kita bersama.