Ketika Lawyer ..

Ketika Lawyer ..

  17 Aug 2014

Berikut percakapan saya di email dengan salah satu Lawyer yang katanya salah satu kaum intelektual Indonesia. Saya tidak menyatakan semua lawyer seperti ini, ada beberapa dan hampir semua lawyer yang saya temui seperti ini… saya masukin ke blog karena banyak yang request untuk tau soal ini dan juga sebagai reminder kalau ada kasus kayak gini.. gak usah takut dulu.. atau jungkir balik dulu..

Email x adalah email yang saya dapat dari lawyer x tersebut, balasan x adalah balasan email dari saya.. juga nama, nomor telepon saya buat menjadi hidden character untuk menghindari masalah lainnya..

 

 

Email 1:

The following message has been sent from dajjalkhurrasan via the contact form at Forum *****.

 

Mohon segera ditindaklanjuti

dajjalkhurrasan

 

Selamat malam Pak,

 

Sebelumnya mohon maaf mengganggu, perkenalkan nama saya BXX Se*ya****ra, sebagaimana berita yang Bapak tulis di link inihttp://www.*****.co.id/forum/threads/pesona-facebook-venny-luluhkan-hati-BXX-Se*ya****ra.13425/ , saya memang menjadi korban penipuan, akan tetapi perkara tersebut telah selesai dan pelaku telah ditahan di Kepolisian *****.

 

Namun Demikian, mohon sudi kiranya agar berita tersebut di hapus, karena diberita tersebut menyebut nama kantor hukum saya. Oleh karena itu, ditulisakannya nama saya dan nama kantor saya menyebabkan kredibilitas Kantor Hukum saya kurang baik dimata klien. Sekali lagi saya mohon agar pemberitaan tersebut agar segera dihapus, karena jika klien kantor saya searching di google nama saya, maka langsung keluar pemberitaan ini tepat dibawah website kantor saya, dan menyebabkan tercemarnya kredibilitas nama kantor hukum saya di mata klien.

 

Nb : Saya juga berharap agar nama saya BXX Se*ya****ra agar juga dapat DIHAPUS dari headline pemberitaan diatas di Google search

 

Mohon segera ditindaklanjuti dan terima kasih atas kerjasamanya yang baik.

 

terima kasih

 

 

BXX Se*ya****ra, S.H.

 

Corporate & Litigation Lawyer

08xx-321-77-2xx

 

 

 

Email 2:

Forum *****

The following message has been sent from dajjalkhurrasan via the contact form at Forum *****.

 

Mohon segera ditindaklanjuti

dajjalkhurrasan

 

Selamat siang Pak..

 

Menyambung message saya terdahulu…saya juga mohon agar headline mengenai “venny luluhkan hati BXX Se*ya****ra” agar segera dapat dihapus dari google search secepat mungkin..karena sebagai korban saya malah merasakan nama baik saya dicemarkan dan dirugikan atas pemberitaan tersebut..karena hal tersebut merusak reputasi kantor hukum saya. Terlebih jika klien saya search nama saya digoogle yang keluar adalah headline yang Bapak posting tepat dibawah website kantor hukum saya.

 

Mohon segera tindaklanjutnya dan kerjasamanya yang baik.

 

Terimakasih

 

BXX Se*ya****ra, SH

 

 

Corporate & Litigation Lawyer

 

08xx-321-77-2xx

 

 

Balasan 1:

Hi,

 

Kita melakukan dokumentasi thd semua berita yang ada dari koran Tribun. Dan kita telah meremove dari website kami *****.co.id.

 

Untuk Google silahkan complain ke google. Anda tidak bisa menuntut kami apa yang ada di google. Anda bisa menanyakan kepada staff IT anda soal ini jika nada tidak mengerti.

 

Regrds

 

 

Email 3:

Selamat sore.

 

Sebelumnya terima kasih jika telah diremove dari website anda..namun demikian saya agak tercengang dengan jawaban anda sebagai website komunitas yang tugasnya mendistribusikan berita..saya sarankan akan lebih baik jika *****.com seyogyanya berkoordinasi dengan Google karena berita tersebut muncul diwebsite anda.

 

Bagaimana mungkin anda menyarankan saya yang menjadi korban pencemaran nama baik dalam pendistribusian berita untuk berkoordinasi dengan Google…sementara yang berkutat dalam bisnis pemberitaan dunia maya adalah website ***** co.id sendiri (dan website tersebut juga terdaftar di google yang merupakan hasil koordinasi dengan google).

 

Mohon anda pelajari Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik

 

Pasal 27 ayat (3) UU ITE

“Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang bermuatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”

Pasal 310 ayat (1) KUHP

Barang siapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum, diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

 

Saya meminta tolong kepada *****.co.id dengan damai dan baik-baik (hanya meminta tolong) namun saya tidak menyangka respon yang diterima sangat arogan.

 

Terima kasih

 

 

 

Balasan 2:

Hi,

 

Data tersebut terdapat di google.co.id tidak pada *****.co.id silahkan di check.

Jika anda google, data tertampil dimana ?

Jika anda klik data tersebut masih ada pada domain *****.co.id ?

 

Jika anda ingin menuntut silahkan tuntut google.co.id karena data yang anda maksud terdapat pada domain tersebut dan tersimpan pada server mereka. Tidak pada server saya ataupun domain saya lagi. Saya rasa anda mengerti dimana data tersebut berada.

 

Saya cukup mengerti dengan UU ITE dan KUHP yang anda sebut.

 

Google yang mengambil data dari website kami bukan kami yang meletakan data di google. Tolong anda tanya ke orang IT anda untuk dibedakan.

 

Jangan mengintimidasi kami dengan menyebutkan UU yang anda tau. Saya sudah menjelaskan dengan baik. Saya tidak arogan, kalau anda bisa membaca dengan baik, saya menerangkan, tapi anda tetap mengirimkan email yang sama ke saya. Saya mengganggap anda gagap tekhnologi, itu kenapa saya merasa anda perlu konsultasi dengan staff IT ataupun yang lebih tau tekhnologi dan UU ITE itu sendiri. Dari sisi saya sudah menghapus konten data yang anda minta untuk dihapus dan kita tidak ada urusan lagi.

 

Rgds,

 

 

 

Email 4:

Selamat sore,

 

Saya ingin konfirmasi kepada anda bahwa:

 

1. Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik adalah ketentuan yang berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum baik yang berada di wilayah hukum Indonesia maupun di luar wilayah hukum Indonesia, yang memiliki akibat hukum di wilayah hukum Indonesia dan/atau di luar wilayah hukum Indonesia dan merugikan kepentingan Indonesia.

 

Dengan demikian Undang-undang ini dibuat untuk segenap WNI dan bukan untuk “yang mengetahuinya saja”. Oleh karena itu, dalil anda yang menyatakan “Jangan mengintimidasi kami dengan menyebutkan UU yang anda tau” adalah sangat tidak beralasan karena UU tersebut tidak dibuat untuk mengintimidasi (karena hal ini bukan tujuan utama pembuat Undang-undang tersebut). Jadi jangan menuduh saya mengintimidasi anda karena saya mengutip UU ITE dan KUHP. (Apa dasarnya jika dengan memberitahu isi UU ITE dan KUHP saja sudah dianggap mengitimidasi?),

 

2. Sejak dari awal saya menghubungi *****.co.id adalah dengan maksud “memohon” dan “meminta tolong” tapi mengapa anda menuduh saya sebagai korban pendistribusian informasi yang mencemarkan nama baik saya dianggap “mengintimidasi” anda?.sebagaimana kita ketahui (terkecuali anda tidak tahu dapat anda lihat di Kamus Besar Bahasa Indonesia)… “Mohon” diantaranya berarti: minta dng hormat; berharap supaya mendapat sesuatu: agar permintaannya dikabulkan. Oleh karena  Anda yang melakukan pendistribusian berita  tersebut dari Tribun.news, maka saya mohon dan minta tolong kepada anda agar “juga dapat” menghapuskannya dari google. Karena google mendapat data tersebut sebagai “akibat” anda posting berita tersebut.

 

3. Dalam email saya sebelumnya, saya menyatakan bahwa “coba anda pelajari UU ITE”…dimana unsur tuduhan saya “mengintimidasi” anda?

 

4. Disisi lain anda menganggap saya “Gapap Teknologi” , tapi saya tidak pernah mempermasalahkan anggapan itu?.. Oleh karena itu saya memohon dan meminta pada *****.co.id untuk berkoordinasi dengan Google agar headline tersebut hilang namun mengapa dilain pihak saya dianggap mengintimidasi?anda melakukan penafsiran sendiri yang dituduhkan kepada saya yang mana hal tersebut adalah perbuatan yang tidak menyenangkan bagi saya…oleh sebab itu saya katakan anda arogan.

 

5. Saya tidak pernah mengirimkan email yang “sama” kepada Anda…karena email saya kepada anda “tidak sama”.

 

6. Saya ingin menanyakan bagaimana anda mendapatkan berita tersebut?apakah anda sudah izin kah kepada para pihak yang bersangkutan dalam pemberitaan tersebut?kepada siapa anda izin?saya berhak mengetahui masalah ini.

 

Sekali lagi saya tegaskan jika saya tetap mohon kepada anda agar dapat mengapuskan headline tersebut dari google search.

 

Demikian disampaikan dan terima kasih.

 

 

 

 

Balasan 3:

Jangan berbelit-belit, saya tidak ada waktu buat urusan lain. Anda masih belum mengerti juga, silahkan lakukan konsultasi dengan IT STAFF anda terlebih dahulu tentang undang-undang copy mencopy di Internet. Kalau anda keberatan silahkan lewat DMCA.

 

Saya tidak menuduh apapun, anda meminta tolong menghapus konten yang berhubungan dengan client anda, dan konten tersebut sudah saya hapus. Saya menghentikan tranmisi yang saya ambil datanya dari website Tribun yang saya dapat dari Internet secara bebas.

 

Saya keberatan berkoordinasi dengan google karena konten itu diambil oleh google. Saya tidak bisa mengahpus dari google. Bukan saya yang memasukan data ke google. Google mengambil dan mengcopy dari saya. Data/konten/tulisan dari google adalah sepenuh nya di organisir oleh google sendiri.

 

Saya tidak peduli point lain. Intinya saya keberatan untuk berkoordinasi dengan google. Saya sudah menghapus konten pada server saya, selanjut nya terserah anda.

 

Anyway untuk anda ketahui, saya bukan orang Indonesia dan server website saya bukan di Indonesia.

 

Mohon untuk tidak mengganggu saya lagi.

 

 

 

Email 5:

Selamat malam,

 

Saya mengerti anda sibuk banyak urusan dan tidak mau diganggu, it’s ok kalo anda merasa bukan orang Indonesia…dan anda tidak peduli dengan poin-poin lain…dan menolak koordinasi dengan google tidak apa (padahal tribun news ketika menulis artikel tersebut yaitu artikel yang anda ambil tanpa izin dari pihak yang diberitakan) ketika saya mohon dihapus, mereka segera menghapus, bahkan mereka bersedia membantu sampai dengan permohonan ke Google (dibantu Bapak ***ndra  ******* dari Tribun *****, beliau sangat wellcome dan ramah sampai sekarang keep in touch kontak).

 

Saya hanya ingin minta tolong namun dianggap mengganggu..sayang sekali rasa kemanusiaan anda minim sekali…saya hanya bisa kasih usul…lain kali jika ambil berita jangan hanya asal ambil dari internet jika tidak ada izin dari pihak yang bersangkutan…bahkan Pak ***ndra ******* Editor yang tangani berita itu sudah menghapusnya baik dari webnya maupun dari google entah bagaimana caranya artikel beserta headlinenya hilang (hal yang mana anda tidak bisa menolong).

 

Namun ketika masalah datang, tidak anda handle dengan “tuntas”.. kurang sportif dan gentle bagi saya.

 

 

Semoga anda tambah sukses dalam karier anda…dan lebih aware terhadap sesama.

 

 

terima kasih.

 

 

BXX Se*ya****ra

 

 

 

Balasan 4:

Menurut saya..

 

Apa hak kamu ngasih usul ke saya.. kayak sudah ngerti aja soal Internet.. mungkin perlu belajar 3 tahun lagi kamu soal Internet, mungkin akan mengerti maksud saya.. dikasih penjelasan.. selalu mental.. kapan berkembang nya.. sekarang bilang orang punya kemanusiaan minim… nuduh gak tuntas… kurang sportif… ndak gentle… kalau kamu berkonsultasi orang yg lebih expert tentang IT dibanding kamu mungkin akan diketawain kamu.. duduk perkara sudah jelas..

 

tulisan A di web A, melanggar DMCA, direquest oleh pihak B untuk dihapus, akhirnya dihapus dari web A oleh A.. urusan selesai sampai disana, namun sebelum dihapus konten tersebut di copy 1000 kali oleh orang lain di Internet karena konten nya bersifat bebas, kamu minta nuntasin kepada pihak A ? Itu sikap paling bodoh yang pernah saya tau.

 

Nyatanya dari Tribun ndak minta hapus ke saya, tapi dari kamu… kenapa ndak kamu aja urus ke Google sekalian… coba pikir lagi… 2 atau 3x kalau sekali kurang … jadi bisa di cerna..

 

Semoga kamu lebih professional dan jauh berpikir… dibayar gede ama client mau cepat nya aja.. kerja yang benar kamu..

Balasan 5:

Kamu bilang Tribun sudah menghapus dari Google, bullshit.. ini screenshoot nya cari aja di google dengan key words  “Pesona Facebook Venny Luluhkan Hati BXX Se*ya****ra”  di bohongin orang.. mau aja..

Email 6:

Saya tidak masalah jika tidak berada di page 1 daftar pencarian…

 

yang jadi masalah adalah jika hal tersebut muncul diurutan palling atas halaman pencarian..tujuan saya minta tolong ke anda adalah karena memang IT bukan bidang saya…justru saya memohon kepada expert seperti anda. itu saja….

Tribun tadinya berada diurutan teratas…tapi entah bagaimana bisa turun ke urutan bukan teratas.

hanya itu masalahnya…tapi toh anda tidak ada solusi kan?

 

Email 7:

Ok begini saja…saya tidak mau melibatkan IT kantor saya…saya ingin ajukan permohonan ke google agar di serach engine tidak menjadi urutan teratas ketika nama saya di search (anggap memang saya orang bodoh dalam hal IT yang seperti anda sebut diemail sebelumnya),,,kira dari link mana bisa saya buat laporan tersebut?

Balasan 6:

itu halaman pertama dengan kata kunci itu.. dan masih ada…

 

solusi nya… baca tentang DMCA di Google… bisa dihapus dari google jika menyampaikan keberatan ke google.. pasti nya saya malas bantuin urusan gituan.. .. ndak dibayar buat apa…yang minta tolong kayak gini lagi… bukannya dari awal minta solusi.. malah masang UU ITE segala… kalau bukan intimidasi.. show off kalau kamu kerja dibidang hukum gitu ?

atau satu lagi solusi nya nunggu cache nya ilang sendiri.. bisa berbulan-bulan… hingga robot google yang tukang copy mengunjungi halaman itu lagi.. jika sudah hilang otomatis terhapus dari google..  paham kamu ? kalau tidak percaya, nanya ke orang IT aja…

 

I am so offended by your previous email… please.. next time behave your self.. ask for help and ask the solution politely… read it.. make sure understand of it… and do what they suggest to you first..

 

 

Email 8:

Ok2…gini saja.saya mohon maaf jika email saya ga berkenan bagi Pak Widhe…(syukur kalo di maafkan loh)..

..mungkin disini saya di Kantor Hukum terbiasa lugas…karena saya rekan orang Medan semua…jadi saya orang sunda jadinya terbiasa suasana sehari-hari..menyampaikan dengan lugas…dan berpendapat dengan lugas…karena suasana kerja disini yah boleh dibilang keras lah,,tipikal kantor hukum…tidak ada show off melainkan keseharian…di maafkan ya Pak ..

 

Kita lagi gada orang IT karena kemaren ada masalah jadi terpaksa di “caw”….ok saya coba untuk ajukan keberatan dulu ke kontak google ya?…http://www.google.com/contact/ ….?

 

Saya coba dulu….o iya mau tanya lagi (tapi maaf nih jangan marah)..kalo misal saya ngga bisa juga..minta tolong yang dibayar kena berapa nih?…

 

 

Balasan 7: https://support.google.com/webmasters/answer/1663688

 

DIY .. I am not interested ..